Welcome to my Blog

Selamat datang para penggemar Citroen di Indonesia. Dalam blog ini saya akan khusus membicarakan apa saja tentang mobil Citroen, khususnya seri BX sejauh yang saya tahu. Jika ada tambahan dan komentar, silakan kirim ke sini atau email saya di sulfi_hari@yahoo.com. Jika penting, akan saya muat di sini. Selamat membaca

Selasa, 07 April 2009

ketika mesin terlalu panas

Pendingin mesin merupakan perlengkapan vital yang harus selalu diperhatikan. Masalah umum yang terjadi adalah kipas extra (extra fan)nya berputar terlambat, sehingga mesin terlanjur kepanasan sebelum extra fan mulai menyala. Ini diakibatkan oleh termostat yang sudah tidak bagus lagi. Sebaiknya diganti dengan yang on saat suhu mesin sekitar 60 - 70 derajat Celsius. Masalah lain adalah extra fan berputar kurang cepat (terlalu pelan) sehingga tidak mampu mendinginkan radiator. Jika begitu, extra fan perlu diservis untuk diperiksa kul dan kumparan tembaganya. kabel-kabel perlu dicek juga, karena kalau kabel terlalu kotor atau terlalu tua akan menghambat aliran listrik ke extra fan. Bagian lain yang juga perlu dicek adalah relay-relay kipas. Ada dua relay yang saling berhubungan untuk menghidupkan extra fan di bagian kiri depan dekat lampu utama.
Yang tidak kalah penting adalah air radiator. Air radiator harus diperiksa setiap hari dan diganti paling tidak dua minggu sekali. Air yang keruh karena karat/korosi akan bersifat lebih konduktif terhadap panas, sehingga mesin dan radiator akan lebih cepat panas. Kisi-kisi radiator juga perlu dicuci atau disemprot dengan steamer sebulan sekali untuk menghilangkan debu yang menempel yang bisa menyumbat aliran udara pendinginan radiator.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal mas, saya yoyok baru dapet lungsuran bx mertua. saya tertarik sekali dengan bx ini ada satu kata yang tepat untuk describe mobil prancis yang satu ini "UNIQUE"

postingannya sangat membantu saya monggo di teruskan

matur nuwun

suspensi mengatakan...

salam kenal mas, apakah ada kemungkinan untuk mengganti sistem hidrolis untuk suspensi depan dengan sistem konvensional (per dan pegas) mengingat kelemahannya hanya pada suspensi depan, dan suspensi belakang relatif lebih tahan banting..mohon pencerahan bila ada yang membacanya. terima kasih
03160678226

sulfi_hari mengatakan...

Mohon maaf, Mas Suspensi. saya baru sempat membaca komentar anda karena account saya pernah hilang. Ok. oleh karena semua suspensinya menyatu dalam satu sistem hidrolis, maka akan ada kesulitan ketika harus mematikan salah satu jalur ke kaki-kaki depan. Secara prinsip ini memungkinkan, asal dapat mengganti T connector yang ada di dekat kaki depan. Namun kenyamanan tentu saja akan banyak berkurang. Sebaiknya dipertahankan sistem yang ada dengan mengganti selang-selang hidrolis dengan yang agak baru.

Unknown mengatakan...

Mas hari... saya sudah memakai BX sejak th 90 an, saya tidak bisa menggunakan kendaraan merek lain, akhirnya saya memiliki 4 BX, 1 BX saya rubah system nya dengan injection, Alhamdulillah ketika saya mendapatkannya, saya buat se standar mungkin sampai dengan penggunaan oli hanya Radiator Coolant yang harga standarnya tidak masuk akal, karena seperti men check air ketinggian oli tidak usah membuka Kap Motor, tinggal melihat indicator di Dashboard, karena setelah keluar BX MK 2 (th 1988) semua dilengkapi dengan sensor ketinggian air...

Citroen BXs

Citroen BXs