Welcome to my Blog

Selamat datang para penggemar Citroen di Indonesia. Dalam blog ini saya akan khusus membicarakan apa saja tentang mobil Citroen, khususnya seri BX sejauh yang saya tahu. Jika ada tambahan dan komentar, silakan kirim ke sini atau email saya di sulfi_hari@yahoo.com. Jika penting, akan saya muat di sini. Selamat membaca

Minggu, 11 Mei 2008

Olie hidrolik LHM

Tidak bisa dipungkiri, bahwa kenyamanan mengemudi sebuah mobil Citroen sangat ditentukan oleh kualitas olie yang digunakan. menurut standard pabrik, olie pelumas hidrolik yang digunakan adalah olie merek LHM yang keencerannya setara dengan minyak goreng. Di masa darurat, saat olie ini tidak ada, bisa juga digunakan olie Pertamina SAE 10. Bagi kebanyakan pemilik Citroen, harga LHM yanh tinggi tentu saja kendala berat, karena paling tidak dalam sebulan membutuhkan 2 liter olie, apalagi jika ada kebocoran selang atau pipa penyalur. Dianjurkan sekali agar penggunaan LHM diutamakan untuk keawetan karet-karet seal hidrolis. Olie menetes sedikit-sedikit itu sudah biasa bagi mobil Citroen tua. Jika parah, sebaiknya segera mengganti selang-selang cumi ataupun karet yang lain.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih sudah banyak info yang saya dapat. ada yang ingin saya tanyakan, Jika ganti bola2 (semua bola) apa yang harus diperhatikan? Selain selang oli bocor ? Karena saya merasakan titik empuk bx 19 gti saya tidak seempuk citroen pada umumnya. Masik terasa kasar di jalan berlubang. Trims

faudzi07 mengatakan...

LHM merupakan jdarahmya citroen kesayangan kita, kalo bisa selalu sedia LHM di mobil kita. just in case oli LHM berkurang (lumayan utk nambah).
kalo sampe LHM berkurang segera cek selang2 hidrolik, kalo ada bocor segera cari titik bocornya dan ganti parts tsb.
penggunaan minyak goreng utk pengganti LHM tidak disarankan karena akan berakibat rusaknya parts selang2 hidrolik, biaya yang akan keluar lebih besar utk ganti selang2.

@om dedy: cek tekanan bola2 aja dulu om, seblum putuskan utk ganti bola2. kalo tekanan kurang utk sementara bisa suntik bola2 dl (lbh murah)
save our citroen...

Unknown mengatakan...

selamat siang,
Gan bisa tau gak tempat jual LHM total..kalo ada telpon di 082173673636..thank you

Unknown mengatakan...

Sebenarnya Saat ini system hydrolic untuk alat ringan sudah banyak, seperti untuk power steering, transmisi matic, menggunakan system hydrolic, memang berbeda dengan oli LHM (Liquid Hydrolic Mineral) yg memiliki aroma khas, dan untuk oli system hydrolic banyak merk dengan persaingan harga yang ketat, seperti kita ketahui Oli yg disebut dengan ATF (Automatic Transmision Fluid) oli yg digunakan untuk transmisi matic dan power steering yang system kerjanya dengan system hydrolic, oli ini saya gunakan untuk berperan menggatikan oli LHM.
Pengalaman saya ketika touring menghadiri undangan Musium Angkut Malang, tiba-tiba selang cabang dari power steering saya terlepas, LHM saya berkurang, temen-temen hanya bawa oli ATF, pada awalnya saya ragu, tapi dari pada tertinggal, saya beranikan untuk menggunakan Oli ATF, setelah saya pikir kemiripan system merupakan solusi untuk tidak melulu mencari LHM...
Dibandingkan dengan sae 10 atau Turalik, ternyata fungsinya lebih baik ATF, selain viscositasnya sedikit lebih encer dari LHM, hal ini membuat Citroen terasa lebih nyaman di suspensi...
Demikian sharing dari pengalaman saya

Unknown mengatakan...

Jackfidel Sumabrata bisa minta no hp nya mau tanya soal citrCit

Citroen BXs

Citroen BXs