Welcome to my Blog

Selamat datang para penggemar Citroen di Indonesia. Dalam blog ini saya akan khusus membicarakan apa saja tentang mobil Citroen, khususnya seri BX sejauh yang saya tahu. Jika ada tambahan dan komentar, silakan kirim ke sini atau email saya di sulfi_hari@yahoo.com. Jika penting, akan saya muat di sini. Selamat membaca

Kamis, 03 April 2008

Merawat Mesin Citroen BX16


Mesin yang digunakan seri BX hampir sama dengan model mesin seperti yang dipakai di Peugeout 405. Beberapa tipe telah menggunakan GTI sedangkan yang lainnya masih menggunakan karburator untuk injeksinya. volume ruang bakarnya mulai dari 1300, 1600 dan 1800 cc. Kualitas bahan, menurut berbagai sumber, lebih baik daripada mesin Peugeout. pada dasarnya, mesin Citroen lebih dikondisikan untuk daerah subtropis dengan adanya engine heater agar mesin mudah menyala di musim dingin. Heater ini dicopot untuk mobil yang digunakan di daerah tropis.

Masalah utama mesin Citroen yang tenaganya cukup besar dan jago ngebut itu adalah sistem pendinginan mesin. Jika kita tidak rajin memeriksa air radiator dan perputaran double extra fans-nya, mesin mudah menjadi overheat dan ini berbahaya bagi cylinder headnya. Dalam pengalaman saya, bahkan dalam keadaan extreem pun, yaitu kehabisan air radiator di jalan tol, mobil masih bisa berjalan sampai pintu tol terdekat dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Tenaga memang menyusut, tetapi begitu sudah dingin dan radiatornya diisi air lagi, mobil bisa melaju dengan normal lagi. Piston tetap aman, tidak ada yang melengkung. Kalau ini terjadi pada mobil Jepang atau lainnya, bisa dipastikan mesin harus dipermak total. tentu saja, jika terjadi hal semacam itu, setelah keluar tol sebaiknya olie mesin segera diganti, karena overheat bisa merusak kualitas olie mesin yang pada gilirannya akan merusak performa mesin secara keseluruhan.

Olie mesin sebaiknya diganti teratur sebelum jatuh tempo pemakaian ideal. Biasanya saya mengganti olie mesin setiap 3500 km. Mesin tua seperti Citroen BX series memang harus diperlakukan extra agar awet dan performa tetap tinggi. Olie yang digunakan harus sesuai viskositasnya, yaitu SAE 15 - SAE 20, jangan terlalu rendah atau tinggi. mesin ini tidak cocok dengan olie sintetis, karena olie sintetis tidak awet untuk mesin kerja panas macam mesin Citroen tersayang kita.

Bahan bakar yang digunakan idealnya adalah BBM dengan RON di atas 90 macam Pertamax atau Pertamax Plus, tetapi bensin oktan rendah (Premium) pun aman untuk dipakai sehari-hari. Tentu saja tetap ada perbedaan tenaga yang dihasilkannya. Jika menggunakan oktan tinggi, mesin menjadi sangat enteng tarikannya dan melesat cepat sekali, sedangkan jika memakai premium, akselerasinya agak berkurang.

Mobil saya telah dimodifikasi dengan menggunakan karburator toyota kijang 1500 cc. Konsumsi rata-rata dengan menggunakan bensin Premium di tol adalah 12 km/liter, dan dalam kota 9-10 km/liter. Penggantian karburator atau sistem injeksi bisa menghemat bahan bakar tetapi sekaligus agak menurunkan tenaganya. Ini semua tergantung pada kita, mana yang kita pilih. Pengalaman saya menunjukkan bahwa dengan karburator pengganti ini, mobil masih bisa melaju dengan kecepatan maksimun 150 km/jam.

9 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam kenal pak.
Saya belum punya citroen saat ini, tp ayah saya salah satu pecinta citroen & pernah punya tipe dyane warna orange, waktu saya kecil, sya sering diajak ke bdg-tasikmalaya & ga ada masalah, walau dyane-nya ga bisa ngebut (jalan santai aja), hehehe. Ayah saya selalu membangga2kan suspensi hidrouliknya citroen, itu yg selalu saya ingat.
Hasilnya, cinta citroen menular ke saya, citroen selalu memikat hati saya (terutama gs house)& sampai sekarang masih/selalu ada keinginan untuk memiliki, tapi selalu ragu karena saya tinggal di kota kecil (tidak adanya mekanik & spare part citroen di kota saya, sumedang).
Ada beberapa pertanyaan nih pa:
1. untuk di bandung, dimana toko spare part citroen & bengkel/mekanik khusus citroen?
2. Apakah benar spare part citroen di toko itu kebanyakan harus pesan dulu?
3. Saran bapak, apa saja yg harus diperiksa sebelum memutuskan membeli sebuah gs house? agar selanjutnya saya ga babak belur dandanin mobil tsb.
4. Mana yang bapak lebih sarankan, memiliki gs house tahun 70an atau gs tahun 90an pa?
Terima kasih banyak pa.

Unknown mengatakan...

Perkenalkan Saya Jackfidel,
saya baru menggunakan Citroen tahun 1980, ketika itu saya masih belum bisa menyetir, ketika saya mulai merawat sendiri Saya memilih merawat Citroen BX yang dapat diandalkan untuk operasional sehari-hari, selain irit juga perawatan yang lebih simple dari perawatan kendaraan lain. Hanya di body bawah yang mulai keropos.
Saya bangga sekali dengan tekhnologi perancis, seperti indikator di dashboard sangat membantu, setiap pagi saya hanya melihat indikator yg ada di dashboard, ketika kontak di posisi on, akan terlihat ketinggian Oli, ketinggian air radiator, dan posisi Oli hydrolic, tanpa perlu membuka kap mesin...ketika mesin nyala terlihat tekanan oli, pengisian accu, tekanan hydrolic, temperatur oli dan temperatur radiator...
Sebelum tahun 2000 saya menggunakan oli Prima XP, setiap 2000km sudah terasa mesin lebih panas, ketika tahun 2000 saya menggunakan Oli mesin yang full syntetis 5-30, mesin terasa lebih ringan, bensin irit dan mesin lebih dingin, saya menggukan untuk jarak tempuh 30.000km, atau saya genapkan sekitar satu tahun sekali saya mengganti Oli, sudah 16 tahun saya perlakukan citroen saya seperti itu, saratnya hanya indikator dashboard harus berfungsi...Ada baiknya menggunakan Coolent Radiator tapi yang asli Citroen, karena untuk supaya water pump mendapat pelumasan dan mesin lebih awet terhadapa korosi...
Pergunakan karbu weber standar selain lebih irit Citroen saya dapat menempuh 1:14 km/l dengan accelerasi untuk 0-100km ditempuh hanya 8detik....
Demikian sharing dari saya

Nugraha mengatakan...

Salam kenal..saya nugraha.saya mendapat hibah citroen faf tahun 82.cuma kendalanya mobil kondisi rem blong.kira2 dimana saya bisa membeli sparepart master rem atas?kalaupun di ganti paling pas kanibal punya mobil apa?terima kasih

Unknown mengatakan...

Mas nugraha tinggal dmn?

Unknown mengatakan...

Mas Nugraha tinggal dmn?

Unknown mengatakan...

Mas Nugraha tinggal dmn?

Unknown mengatakan...

MZ ada no hpnya... Mau tanya soal Citroen. Kalo tidak keberatan

Unknown mengatakan...

Bicara .soal citroen sy puya th 88. Tp waterpump.bocor. di.mn yg ada seperpt.??

trisutrisno mengatakan...

Assalamualaikum perkenal kan saya dari serang saya baru punya Citroen BX tahun 88 tapi pas mau ganti oli saya bingung cari tempat masukin oli nya nggak ketemu mohon info nya gan terimakasih

Citroen BXs

Citroen BXs