Welcome to my Blog

Selamat datang para penggemar Citroen di Indonesia. Dalam blog ini saya akan khusus membicarakan apa saja tentang mobil Citroen, khususnya seri BX sejauh yang saya tahu. Jika ada tambahan dan komentar, silakan kirim ke sini atau email saya di sulfi_hari@yahoo.com. Jika penting, akan saya muat di sini. Selamat membaca

Jumat, 04 April 2008

SUSPENSI HIDROLIK

Salah satu dan yang terutama dari mobil-mobil Citroen adalah sistem suspensi hidroliknya. Sistem ini memungkinkan mobil-mobil Citroen tetap terasa nyaman, bahkan bagi wanita yang mau melahirkan, sekalipun sedang melaju di jalanan yang rusak atau tidak rata. Sistem hidrolik yang digunakan Citroen adalah suatu sistem yang terintegrasi antara sistem suspensi di masing-masing roda, sistem pengereman dan sistem kemudi, yang disebut sistem pneumatic hydractive. Sistem ini terdiri dari tangki reservoir, selang-selang hidrolik yang seperti tangan-tangan cumi-cumi, pompa hidrolik, distributor (yang menyalurkan olie ke roda, kemudi dan rem), bola-bola baja berisi nitrogen tekanan tinggi di ujung pipa kaki-kaki roda dan distributor, height corrector, dan pipa-pipa ber-seal sebagai kaki-kaki roda.
Setiap roda bergerak secara independen, dihubungkan ke body dengan menggunakan sistem McPerson dan swing arm. Tidak ada per atau pegas satu pun untuk membantu suspensi. Oleh karena menggunakan sistem hidrolik yang khusus ini, ketinggian mobil Citroen bisa diatur dengan menggeser tuas di dekat handle rem tangan di samping pengemudi. Tidak mengherankan, jika ada banjir di jalanan, mobil Citroen tetap bisa merayap melintasi banjir seperti sebuah perahu. Jika sedang tidak digunakan atau berhenti, mobil Citroen akan seperti sedang duduk, karena kolongnya hampir menyentuh tanah. Selain itu, height corrector memungkinkan mobil tetap bisa berjalan sekalipun salah satu bannya kempes atau rodanya dicopot.
Sistem kemudinya yang dibantu dengan hidrolik, terasa agak berat sedikit dibandingkan sistem power kemudi mobil lain, tetapi ini bukan masalah, karena nyaman dan aman untuk semua kecepatan. Jika sedang melaju kencang di tol dan pengemudi tiba-tiba mengantuk, kemudi yang agak berat ini membuat laju mobil stabil dan tidak limbung oleh gerakan ceroboh tangan pengemudi.

1 komentar:

Supply and Trading mengatakan...

Hi all,

aku ada rencana mau beli citroen bekas,
kira2 apa yang harus di check?
mengingat citroen ini perawatannya ga gampang.

Aku masih baru di forum ini, and this is my firs citroen,
so mohon pencerahannya.

Aku udah search di google, katanya harus perhatiin bola2 dan slang hidraulis, etc.
kenapa harus gitu?
dan gimana cara ngecek hidraulisnya masih bagus apa tidak?

Need helps

Thanks.

Citroen BXs

Citroen BXs